Gulai Nangka

Selamat pagi semua....... semoga dimanapun kita berada, kita selalu mendapat nikmat berupa kesehatan. Yap, memang sehat itu adalah anugrah terindah yang tak terbanding. Karena apa? ketika kita sakit, seberapa enak apapun makanan pasti gak akan terasa enak di lidah.. HEHEE.. (ujung2 nya makanan)
Yuk.. kita belajar masak "Gulai Nangka" untuk tema kita kali ini.


Sumber: http://nurmusamada.files.wordpress.com/2012/12/nangka.jpg

Nangka biasa bunda-bunda manfaatkan ketika matang ataupun ketika masih muda. Kalau masih mentah, biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Kala di Jawa (khususnya di kampung halaman saya), mayoritas orang punya pohon nangka (kalau di Jawa disebut"gori"). Kalau yang sudah matang disebut nangka..hehee.

Karena mayoritas orang punya pohon nangka, maka sayur nangka menjadi salah satu pilihan sayuran yang murah meriah. "Mungkin" karena tersedia cukup banyak (mungkin lho karena saya juga belum survei secara ilmiah) hahaha..., maka sayur ini seperti kurang elite.
Lain halnya di kota Jambi. Nangka menjadi salah satu favorit yang cukup dibanggakan. Ketika hari-hari raya seperti hari raya idul fitri dan idul adha, mayoritas masyarakat Jambi memasak gulai nangka. Memang benar ya? Lain ladang lain belalang, beda tempat beda juga kebiasaan. Hal ini berlaku juga untuk sayur nangka.. hehehe..

Setelah kurang lebih 1 tahun mengembara di kota ini, saya terkesan dengan masakan-masakan yang menurut saya enak dan cantik dilihat. Salah satunya adalah gulai nangka yang berwarna kuning kemerahan (khas masakan padang). Dengan mengamati, saya belajar sedikit2 tentang masakan2 tersebut. Inilah hasil belajar saya tentang Resep Gulai Nangka (tetapi ini juga sudah saya modifikasi. Bukan original dari tanah minang) hahaaa... Yuk mari....
  • BAHAN YANG DIPERLUKAN
  1. Nangka muda yang sudah direbus (kurang lebih 3/4 kg)
  2. Santan dari 1 bh kelapa -- keenceran sesuai selera
  3. Ayam (daging, ceker, kepala, sayap) 1/2 kg --- opsional yang sudah direbus dan dibuang airnya
  4. Minyak untuk menumis
  5. Garam secukupnya
  6. Gula secukupnya
  • BUMBU YANG DIHALUSKAN
  1. 1/2 ons  bawang merah
  2.  5 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt ketumbar
  4. 2 butir kemiri
  5. 1/2 sdt merica
  6. 1/2 ons cabe merah -- bisa ditambah 5 bh cabai rawit
  7. kunyit secukupnya
  8. jahe secukupnya
  9. lengkuas
  •  BUMBU LAIN
  1.  1 btg serai digeprek
  2. 5 lembar daun salam
  3. 1 lembar daun kunyit
  4. 1 lembar daun jeruk
  • CARA MEMASAK 
  1. Tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Masukkan bumbu yang tidak dihaluskan (daun-daunan) dan aduk sampai matang.
  3. Masukkan santan, garam dan gula.
  4. Masukkan ayam yang sudah direbus.
  5. Masukkan nangka
  6. Setelah mendidih, matikan kompor
  7. Gulai nangka siap disantap

Ok bunda sekalian.. ini resep Gulai Nangka modifikasi. Semoga bermanfaat. Bunda-bunda bebas ngasih masukan agar saya bisa terus belajar (maklum.. baru belajar....) hehee.. Salam.

Tips: Biasanya, para bunda enggan memasak gulai nangka karena prosesnya lama. Agar lebih ringan, nangka bisa direbus hari sebelumnya dan disimpan di dalam lemari es.




Komentar

Postingan populer dari blog ini